Samsung UA48H4200AR Panduan pengguna

Show HTML Add to My manuals
2 Pages

advertisement

Samsung UA48H4200AR Panduan pengguna | Manualzz

TV LED panduan pengguna

Petunjuk Keselamatan Penting

Peringatan! Petunjuk Keselamatan Penting

(Baca petunjuk keselamatan di bawah ini sebelum memasang dan menggunakan produk)

Gambar dan ilustrasi dalam Panduan Pengguna ini hanya disediakan untuk referensi dan mungkin berbeda dari tampilan produk yang sebenarnya. Desain dan spesifikasi produk dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Peringatan gambar diam

Hindari tampilan gambar diam (seperti file gambar jpeg) atau elemen gambar diam

(seperti logo program TV, format gambar panorama atau 4:3, maupun baris saham atau berita di bagian bawah layar, dsb.) di layar. Tampilan gambar diam yang terusmenerus dapat mengakibatkan layar LED berbayang, yang akan mempengaruhi kualitas gambar. Untuk mengurangi risiko efek ini, ikuti saran berikut: y Hindari penayangan saluran TV yang sama dalam waktu lama.

y Selalu coba tampilkan gambar apa pun di layar penuh, gunakan menu format gambar unit TV untuk penyesuaian terbaik.

y Kurangi nilai kecerahan dan kontras menjadi nilai minimum yang diperlukan untuk memperoleh kualitas gambar yang diinginkan. Nilai berlebih dapat mempercepat proses kelelahan.

y Secara rutin gunakan semua fitur TV yang dirancang untuk mengurangi retensi gambar dan kelelahan layar. Untuk rincian, lihat bagian panduan pengguna yang sesuai.

Hanya untuk penggunaan pribadi dan non-komersial.

Penggunaan harus mematuhi pedoman dalam Panduan Pengguna dan mungkin tidak tersedia di semua kawasan.

Hubungi SAMSUNG DI SELURUH DUNIA

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar mengenai produk Samsung, harap menghubungi pusat layanan pelanggan SAMSUNG.

Negara Pusat Layanan Pelanggan Situs Web

AUSTRALIA

NEW

ZEALAND

CHINA

HONG KONG

INDIA

INDONESIA

JAPAN

MALAYSIA

PHILIPPINES

SINGAPORE

THAILAND

1300 362 603

0800 SAMSUNG (0800 726

786)

400-810-5858

(852) 3698 4698

1800 3000 8282 - Toll Free

1800 266 8282 - Toll Free

0800112888

021-56997777

0120-327-527

1800-88-9999

1-800-10-7267864 [PLDT]

1-800-8-7267864 [Globe landline and Mobile]

02-4222111 [Other landline] www.samsung.com/jp/support www.samsung.com/my/ support www.samsung.com/ph/ support

1800-SAMSUNG(726-7864) www.samsung.com/sg/support

0-2689-3232,

1800-29-3232 www.samsung.com/th/ support

TAIWAN

VIETNAM

GEORGIA

0800-32-9999

1 800 588 889

0-800-555-555

ARMENIA 0-800-05-555

AZERBAIJAN 088-55-55-555

UZBEKISTAN 8-10-800-500-55-500

KYRGYZSTAN 8-10-800-500-55-500 www.samsung.com/au/support www.samsung.com/nz/support www.samsung.com/cn/support www.samsung.com/hk/ support (Chinese) www.samsung.com/hk_en/ support (English) www.samsung.com/in/ support www.samsung.com/id/ support www.samsung.com/tw/support www.samsung.com/vn/support www.samsung.com/support www.samsung.com/support www.samsung.com/support www.samsung.com/support www.samsung.com/kz_ru/ support

TADJIKISTAN 8-10-800-500-55-500

MONGOLIA ‘7-800-555-55-55

BELARUS 810-800-500-55-500

MOLDOVA

ALGERIA

0-800-614-40

021 36 11 00

PAKISTAN

TUNISIA

0800-Samsung (72678)

80-1000-12 www.samsung.com/support www.samsung.com/support www.samsung.com/support www.samsung.com/support www.samsung.com/n_africa/ support www.samsung.com/pk/support www.samsung.com/n_africa/ support

BN68-06310F-00

- 1 -

Daftar Sumber

Gunakan untuk memilih TV atau sumber input eksternal lainnya seperti

DVD/pemutar Blu-ray/cable box/penerima satelit STB yang tersambung ke TV.

1. Tekan tombol SOURCE .

2. Pilih sumber input eksternal yang diinginkan.

■ TV / AV / Komponen / HDMI1 / HDMI2/DVI

Anda hanya dapat memilih perangkat eksternal yang tersambung ke TV. Dalam

Daftar Sumber , input yang tersambung akan disorot.

Cara menggunakan Edit Nama

Edit Nama memungkinkan Anda menghubungkan nama perangkat dengan sumber input. Untuk mengakses Edit Nama , buka menu

Dukungan , lalu pilih Edit Nama . Beri nama perangkat yang tersambung ke soket input agar pemilihan sumber input menjadi lebih mudah.

Bila menyambungkan PC ke port HDMI IN 2 (DVI) dengan kabel HDMI, Anda harus mengatur TV ke modus PC dalam Edit Nama .

Bila menyambungkan PC ke port HDMI IN 2 (DVI) dengan HDMI ke kabel DVI,

Anda harus mengatur TV ke modus DVI PC dalam Edit Nama .

Bila menyambungkan perangkat AV ke port HDMI IN 2 (DVI) dengan kabel

HDMI ke DVI, Anda harus mengatur TV ke modus DVI dalam Edit Nama .

PERHATIAN

RISIKO SENGATAN LISTRIK. JANGAN BUKA.

PERHATIAN: UNTUK MENGURANGI RISIKO SENGATAN LISTRIK, JANGAN

LEPAS PENUTUP (ATAU BAGIAN BELAKANG). TIDAK ADA KOMPONEN

INTERNAL YANG DAPAT DIPERBAIKI PENGGUNA. SERAHKAN SEMUA

TINDAKAN PERBAIKAN KEPADA STAF RESMI.

Simbol ini menunjukkan adanya tegangan tinggi di bagian dalam produk. Bahaya mungkin muncul jika terjadi kontak dalam bentuk apa pun dengan komponen internal produk ini.

Simbol ini menunjukkan bahwa informasi penting terkait pengoperasian dan pemeliharaan telah disertakan bersama produk.

• Slot dan celah pada kabinet dan di bagian belakang atau bagian bawah berfungsi sebagai ventilasi yang diperlukan. Untuk memastikan keandalan pengoperasian perangkat serta melindunginya dari kondisi terlalu panas, slot dan celah ini tidak boleh terhalang atau tertutup.

− Jangan tutup slot dan celah dengan kain atau bahan lainnya.

− Jangan halangi slot dan celah dengan meletakkan perangkat di atas tempat tidur, sofa, matras, atau permukaan lainnya yang sejenis.

− Jangan letakkan perangkat di ruang tertutup, seperti rak buku atau lemari internal, kecuali jika tersedia ventilasi yang memadai.

• Jangan letakkan perangkat di dekat atau di atas radiator maupun sumber panas, atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

• Jangan letakkan bejana berisi air (vas, dsb.) di atas perangkat karena hal ini dapat menyebabkan risiko kebakaran atau sengatan listrik.

• Jangan biarkan perangkat terkena hujan atau jangan letakkan di dekat sumber air (misalnya, di dekat bak mandi, wastafel, bak cuci piring, atau mesin cuci, di ruang bawah tanah yang basah, atau di dekat kolam renang, dsb.). Jika perangkat basah tanpa disengaja, segera lepas kabel daya perangkat dan hubungi agen resmi Anda.

• Pastikan untuk melepas kabel daya dari stopkontak sebelum membersihkan.

• Perangkat ini menggunakan baterai. Dalam komunitas tertentu, mungkin terdapat peraturan yang mengharuskan Anda membuang baterai dengan benar untuk melindungi lingkungan. Hubungi pihak berwenang setempat untuk informasi tentang cara membuang atau mendaur ulang baterai.

• Jangan berikan beban yang melebihi kapasitas stopkontak, kabel ekstensi, atau adaptor karena hal ini dapat menyebabkan kebakaran atau sengatan listrik.

• Kabel catu daya harus diatur dengan benar agar tidak mudah terinjak atau terjepit oleh benda apa pun yang diletakkan di atas atau di sebelah kabel. Berikan perhatian khusus pada kabel yang terdapat di ujung konektor, yang tersambung ke adaptor, dan pada titik keluar kabel dari perangkat.

• Untuk melindungi perangkat dari badai petir atau bila perangkat ditinggalkan tanpa pengawasan dan tidak digunakan dalam waktu yang lama, lepaskan perangkat dari stopkontak dan putuskan sambungan antena atau sistem kabel. Hal ini akan mencegah kerusakan pada perangkat akibat petir dan lonjakan arus daya.

• Sebelum menyambungkan kabel daya AC ke stopkontak adaptor DC, pastikan simbol tegangan pada adaptor DC telah sesuai dengan catu daya setempat.

(tergantung pada model)

• Jangan masukkan benda logam apa pun ke dalam celah yang terbuka pada perangkat. Tindakan ini dapat menimbulkan bahaya sengatan listrik.

• Untuk menghindari sengatan listrik, jangan sentuh bagian dalam perangkat. Hanya teknisi resmi yang boleh membuka perangkat.

• Pastikan untuk menyambung kabel daya hingga terpasang dengan kuat. Tarik konektor, bukan kabel, sewaktu melepas kabel daya dari stopkontak. Jangan sentuh kabel daya dengan tangan yang basah.

• Jika perangkat tidak beroperasi secara normal, terutama jika muncul bunyi atau bau yang tidak wajar, segera lepaskan perangkat dan hubungi dealer resmi atau pusat layanan setempat.

• Pastikan untuk melepas konektor daya dari stopkontak jika TV tidak akan digunakan atau jika Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama

(terutama bila anak-anak, orang tua, atau penyandang cacat berada di rumah).

− Debu yang bertumpuk dapat menyebabkan sengatan listrik, kebocoran listrik, atau kebakaran karena kabel daya berpeluang menghasilkan percikan api dan panas, atau menyebabkan kondisi isolasi semakin buruk.

• Pastikan untuk menghubungi pusat layanan resmi sewaktu memasang perangkat di lokasi yang sangat berdebu, bersuhu tinggi atau rendah, memiliki kelembaban tinggi, memiliki bahan kimia, atau di tempat pengoperasian perangkat selama 24 jam sehari seperti di bandara, stasiun kereta api, dsb. Kelalaian untuk melakukannya dapat mengakibatkan kerusakan perangkat.

• Gunakan hanya konektor dan soket yang diarde dengan benar.

− Pengardean yang tidak tepat dapat menyebabkan sengatan listrik atau kerusakan pada perangkat. (Hanya Peralatan Kelas l.)

• Untuk mematikan perangkat sepenuhnya, Anda harus melepas konektor daya dari stopkontak. Oleh sebab itu, konektor daya harus siap diakses setiap saat.

• Jangan biarkan anak-anak bersandar pada produk.

• Simpan aksesori (baterai, dsb.) di lokasi yang aman dari jangkauan anak-anak.

• Jangan pasang produk di lokasi yang tidak stabil seperti rak yang mudah terguncang, lantai yang tidak rata, atau di lokasi yang mudah bergetar.

• Jangan jatuhkan atau jangan biarkan produk terguncang. Jika produk rusak, lepaskan kabel daya dan hubungi pusat servis.

• Untuk membersihkan produk, lepaskan kabel daya dari stopkontak, lalu seka produk menggunakan kain lembut yang kering. Jangan gunakan bahan kimia apa pun seperti lilin, bensin, alkohol, tiner, insektisida, penyegar udara, pelumas, atau detergen. Hal ini dapat merusak tampilan atau menghapus cetakan pada produk.

• Jangan biarkan perangkat terkena tetesan atau percikan air.

• Jangan buang baterai ke dalam api.

• Jangan bongkar baterai atau jangan biarkan baterai mengalami hubungan arus pendek atau panas berlebih.

• Bahaya ledakan dapat terjadi jika Anda mengganti baterai dengan jenis baterai yang salah. Ganti baterai hanya dengan jenis yang sama atau setara.

• PERINGATAN - AGAR TIDAK TERJADI KEBAKARAN, SELALU JAUHKAN LILIN ATAU SUMBER API LAINNYA DARI PRODUK.

- Bahasa Indonesia -

- 2 -

Remote Control

Remote control ini dilengkapi titik-titik Braille pada tombol Daya, Saluran, dan Volume serta dapat digunakan oleh orang yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Menampilkan dan memilih sumber video yang tersedia.

Remote Control

Remote control ini dilengkapi titik-titik Braille pada tombol Daya, Saluran, dan Volume serta dapat digunakan oleh orang yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Menampilkan dan memilih sumber video yang tersedia.

Menghidupkan dan mematikan TV.

Tekan untuk langsung mengakses saluran.

Memilih secara berurutan Teleteks AKTIF, Ganda,

Gabungan, atau TIDAK AKTIF.

Mengatur volume suara.

Menampilkan daftar saluran di layar.

Menampilkan Media Play .

Memilih dengan cepat fungsi yang sering digunakan.

Memilih item menu di layar dan mengubah nilai yang muncul dalam menu.

Kembali ke menu sebelumnya.

E-MANUAL : Tidak tersedia.

: Menjelaskan cara untuk mengambil gambar dan audio.

SLEEP : Mematikan TV secara otomatis pada waktu yang telah ditetapkan.

A

E-MANUAL

B C

SLEEP

D

Kembali ke saluran sebelumnya.

Mematikan suara sementara.

Mengganti saluran.

Menampilkan menu layar utama.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Cricket Mode .

Menampilkan informasi di layar TV.

Keluar dari menu.

Gunakan tombol ini sesuai dengan arah di layar.

Gunakan tombol ini dalam fitur tertentu.

Menghidupkan dan mematikan TV.

Tekan untuk langsung mengakses saluran.

Memilih secara berurutan Teleteks AKTIF, Ganda,

Gabungan, atau TIDAK AKTIF.

Mengatur volume suara.

Menampilkan daftar saluran di layar.

Menampilkan Media Play .

Memilih dengan cepat fungsi yang sering digunakan.

Memilih item menu di layar dan mengubah nilai yang muncul dalam menu.

Kembali ke menu sebelumnya.

E-MANUAL : Tidak tersedia.

: Menjelaskan cara untuk mengambil gambar dan audio.

SLEEP : Mematikan TV secara otomatis pada waktu yang telah ditetapkan.

A

E-MANUAL

B C

SLEEP

D

- 5 -

Kembali ke saluran sebelumnya.

Menonaktifkan suara untuk sementara.

Mengganti saluran.

Menampilkan menu layar utama.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Modus

Sepak Bola .

Menampilkan informasi di layar TV.

Keluar dari menu.

Gunakan tombol ini sesuai dengan arah di layar.

Gunakan tombol ini dalam fitur tertentu.

untuk kawasan Asia Barat Daya.

Modus Tampilan (Input HDMI/DVI)

Resolusi optimal

Seri 4: 1366 x 768 @ 60 Hz / Seri 5: 1920 x 1080 @ 60 Hz

Modus Resolusi

IBM

MAC

VESA DMT

720 x 400

640 x 480

832 x 624

1152 x 870

640 x 480

640 x 480

640 x 480

800 x 600

800 x 600

800 x 600

1024 x 768

1024 x 768

1024 x 768

1152 x 864

1280 x 720

1280 x 800

1280 x 1024

1280 x 1024

1366 x 768

1440 x 900

1600 x 900 RB

1680 x 1050

1920 x 1080

48.077

46.875

48.363

56.476

60.023

67.500

45.000

49.702

Frekuensi

Horizontal

(KHz)

31.469

35.000

49.726

68.681

31.469

37.861

37.500

37.879

63.981

79.976

47.712

55.935

60.000

65.290

67.500

Frekuensi

Vertikal (Hz)

Frekuensi

Clock Piksel

(MHz)

28.322

30.240

57.284

100.000

25.175

31.500

31.500

40.000

50.000

49.500

65.000

75.000

78.750

108.000

74.250

83.500

108.000

135.000

85.500

106.500

108.000

146.250

148.500

72.188

75.000

60.004

70.069

75.029

75.000

60.000

59.810

70.087

66.667

74.551

75.062

59.940

72.809

75.000

60.317

60.020

75.025

59.790

59.887

60.000

59.954

60.000

+/+

+/+

+/+

-/+

+/+

-/+

+/+

+/+

+/+

+/+

-/+

+/+

+/+

-/-

-/-

Polaritas

Sinkronisasi

(H/V)

-/+

-/-

-/-

-/-

-/-

-/-

-/-

+/+

1366 x 768 1920 x 1080 c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c c

Memasang baterai (Ukuran baterai: AAA)

CATATAN x

Gunakan remote control dalam jarak 23 kaki dari TV.

x

Cahaya yang terang dapat mempengaruhi performa remote control. Hindari penggunaan di dekat lampu fluoresen khusus atau tanda neon.

x

Warna dan bentuk dapat beragam, tergantung pada model.

- 6 -

[UH4200-SEA]BN68-06310F-00IND.indb 1

Persiapan

Aksesori

y Remote Control & Baterai (AAA x 2) y Petunjuk Pemilik y Penyangga Kabel (masing-masing 1) Memasang Penyangga Kabel

Kabel Input (Dijual Terpisah)

y Komposit (AV) y Komponen

Kontroler TV (Tombol Panel)

Memilih Media Play y Koaksial (RF) y HDMI

Memilih Menu

MEDIA.P

m R s

P

Kembali

Menu fungsi

Memilih Sumber

Mematikan y Kartu Jaminan/Panduan Resmi (Tidak tersedia di sejumlah lokasi) y Kabel Daya y HDMI-DVI

Sensor remote control

Kontroler TV

Gambar dibuat dengan menghadap bagian depan TV.

Untuk menutup Menu , Daftar Media Play , atau Daftar Sumber , tekan Kontroler selama beberapa detik.

Bila memilih fungsi dengan menggeser kontroler ke atas/bawah/kiri/kanan, pastikan untuk tidak menekan kontroler. Jika sebelumnya kontroler ditekan, Anda tidak dapat mengoperasikannya untuk menggeser ke atas/bawah/kiri/kanan.

Plug & Play (Konfigurasi Awal)

Saat TV dihidupkan untuk pertama kali, rangkaian layar dan perintah di layar akan membantu Anda mengkonfigurasi pengaturan dasar TV. Sambungkan kabel daya ke stopkontak, lalu tekan tombol POWER untuk menghidupkan TV. Atur konfigurasi awal dengan mengikuti petunjuk yang ditampilkan di TV.

Jika Anda tidak menggunakan cable box maupun satellite box, pastikan TV telah tersambung ke sambungan Antena atau kabel sebelum dihidupkan.

Menyambungkan kabel daya dan antena. (lihat 'Sambungan')

Sambungan

y Untuk kualitas gambar dan audio yang lebih baik, sambungkan ke perangkat digital menggunakan kabel HDMI. y Gambar mungkin tidak ditampilkan secara normal (jika ada) atau audio mungkin tidak berfungsi jika perangkat eksternal yang menggunakan modus HDMI versi lama disambungkan ke TV. Jika terjadi masalah seperti ini, tanyakan tentang versi

HDMI kepada produsen perangkat eksternal dan jika telah kedaluwarsa, minta upgrade. y Pastikan untuk membeli kabel HDMI resmi. Jika tidak, gambar mungkin tidak ditampilkan atau kesalahan pada sambungan mungkin akan terjadi. y Input PC/DVI AUDIO IN tidak didukung.

y Untuk sambungan kabel HDMI/DVI, Anda harus menggunakan port HDMI IN 2

(DVI) . y Penyambungan melalui kabel HDMI mungkin tidak didukung, tergantung pada

PC.

y Jika kabel HDMI ke DVI tersambung ke port HDMI IN 2 (DVI) , maka audio tidak akan berfungsi.

y Untuk sambungan Set-top box yang menggunakan kabel HDMI, kami sangat menyarankan agar Anda menyambungkan port HDMI IN 1 (STB) .

Sambungan audio

(Analog)

DVD/Home Theater

Sambungan HDMI

Pemutar Blu-ray/

DVD/Set-top box

Sambungan PC

PC

Sambungan komponen

Pemutar Blu-ray/DVD

Sambungan AV

VCR

- 3 -

Menu Saluran Menu Gambar

Daftar Saluran

Pilih saluran di layar Semua Saluran , Saluran yang ditambah dengan menekan tombol ▲/▼ , lalu menekan tombol ENTER E . Setelah itu, Anda dapat menonton saluran yang dipilih.

Menggunakan tombol remote control dengan Daftar Saluran

Ikon Tampilan Status Saluran

Melihat Saluran

Ikon

Mengatur Ulang Saluran

Wilayah

Saluran dihapus.

Operasi

Anda dapat mengubah area yang diinginkan.

Modus Gambar

t

Pilih jenis gambar yang Anda sukai.

■ Dinamis : Cocok untuk ruangan yang terang.

■ Standar : Cocok untuk lingkungan normal.

■ Film : Cocok untuk menonton film di ruangan yang gelap.

Lampu Latar / Kontras / Kecerahan / Ketajaman /

Warna / Warna (H/M)

Televisi Anda dilengkapi beberapa pilihan pengaturan untuk kontrol kualitas gambar.

Dalam modus TV , AV analog pada sistem PAL, fungsi Warna (H/M) tidak tersedia.

Bila tersambung ke PC, Anda hanya dapat membuat perubahan pada Lampu

Latar , Kontras , Kecerahan , dan Ketajaman .

Pengaturan dapat disesuaikan dan disimpan untuk setiap perangkat eksternal yang tersambung ke TV.

Mengurangi kecerahan gambar akan menurunkan pemakaian daya.

Simpan Otomatis

(Tergantung pada negara)

Modus pemindaian untuk kawasan Asia Barat Daya: Penuh/Turbo

Memindai saluran secara otomatis dan menyimpannya di TV.

Pilihan Gambar

Simpan Manual

Memindai saluran secara manual dan menyimpannya di TV.

Berdasarkan sumber saluran, Simpan Manual mungkin didukung.

Program , Sistem Warna , Sistem Suara , Saluran , Cari , Simpan : Jika suara tidak normal atau tidak terdengar, pilih kembali standar suara yang diperlukan.

Menu Pilihan Daftar Saluran

Tetapkan setiap saluran menggunakan pilihan menu Daftar Saluran

( Tambah / Hapus ). Item menu pilihan mungkin berbeda, tergantung pada status saluran.

Tetapkan setiap saluran menggunakan pilihan menu Daftar Saluran . Item menu pilihan mungkin berbeda, tergantung pada status saluran.

■ Tambah/Hapus : Menghapus atau menambahkan saluran untuk menampilkan saluran yang diinginkan.

Semua saluran yang dihapus akan ditampilkan di menu Semua Saluran .

Tanda " " di sebelah saluran menunjukkan bahwa saluran tersebut telah dihapus.

Menu Tambah hanya ditampilkan untuk saluran yang telah dihapus.

■ Nada Warna : Memilih temperatur warna.

Hangat akan dinonaktifkan bila modus gambar Dinamis .

■ Ukuran : Cable box/penerima satelit mungkin memiliki pengaturan ukuran layar sendiri. Namun, kami sangat menyarankan agar Anda sering menggunakan modus 16:9 .

16:9 : Mengatur gambar ke modus lebar 16:9.

4:3 : Mengatur gambar ke modus dasar (4:3).

Zoom1/Zoom2 : Memperkecil tampilan modus lebar 16:9 secara vertikal agar sesuai dengan ukuran layar.

Jangan tonton konten dengan format 4:3 dalam waktu lama. Jejak tepi gambar yang ditampilkan di sisi kiri, kanan, dan tengah layar dapat mengakibatkan retensi gambar (efek layar terbakar) yang tidak tercakup dalam jaminan.

Sesuai Layar : Menampilkan gambar penuh tanpa terpotong dengan sinyal input HDMI (720p/1080i/1080p).

CATATAN x

Pilihan ukuran gambar mungkin berbeda, tergantung pada sumber input.

x

Item yang tersedia mungkin berbeda, tergantung pada modus yang dipilih.

x

Pengaturan dapat disesuaikan dan disimpan untuk setiap perangkat eksternal yang tersambung ke input di TV.

Sempurnakan

Jika penerimaan jelas, Anda tidak perlu menyempurnakan saluran karena tindakan ini akan dilakukan secara otomatis selama operasi pencarian dan penyimpanan berlangsung. Jika sinyal lemah atau terdistorsi, sempurnakan saluran secara manual.

Saluran yang disempurnakan dan telah disimpan akan diberi tanda bintang "*" di sisi kanan nomor saluran pada banner saluran.

Fungsi ini hanya tersedia untuk siaran analog.

- 4 -

■ Tampilan Jernih Digital : ( Otomatis / Mati / Rendah / Sedang / Tinggi )

Jika sinyal siaran yang diterima TV lemah, Anda dapat mengaktifkan fitur Tampilan Jernih Digital untuk mengurangi statis dan bayangan yang mungkin muncul di layar.

Bila sinyal lemah, coba pilihan lainnya hingga gambar terbaik ditampilkan.

■ Tingkat Hitam HDMI : Memilih tingkat warna hitam di layar untuk menyesuaikan kedalaman layar.

Hanya tersedia dalam modus HDMI (sinyal RGB).

■ Modus Film : ( Otomatis / Mati ) Mengatur agar TV secara otomatis mendeteksi dan memproses sinyal film dari semua sumber dan menyesuaikan gambar untuk kualitas yang optimal.

Tersedia dalam modus TV, AV, KOMPONEN (480i/1080i), dan HDMI

(480i/1080i).

■ P'cahayaan mnrt Grkn : Mengurangi pemakaian daya melalui gerakan yang disesuaikan dengan kontrol kecerahan.

Hanya tersedia dalam modus Standar .

DTS TruSurround

t

(hanya modus suara standar)

Fungsi ini menghadirkan pengalaman suara surround virtual kanal 5.1 melalui sepasang speaker menggunakan teknologi HRTF (Head Related

Transfer Function).

Volume Otomatis

Karena setiap stasiun siaran memiliki kondisi sinyal sendiri, volume suara dapat berubah setiap kali saluran diganti. Fitur ini dapat digunakan untuk secara otomatis mengatur volume suara saluran yang diinginkan dengan menurunkan output suara bila sinyal modulasi tinggi atau dengan meningkatkan output suara bila sinyal modulasi rendah.

Pengaturan Ulang Gambar

Mengatur ulang modus gambar aktif ke pengaturan default.

■ Atur Ulang Gambar : Mengembalikan semua nilai gambar saat ini.

Menu Suara

Pilihan Speaker

Gema mungkin terjadi karena perbedaan kecepatan dekode antara speaker utama dan penerima audio. Jika demikian, atur TV ke Speaker

Eksternal .

Bila Anda mengatur Pilihan Speaker ke Speaker Eksternal , speaker TV akan dinonaktifkan. Anda hanya akan mendengar suara melalui speaker eksternal.

Bila Anda mengatur Pilihan Speaker ke Speaker TV , speaker TV dan speaker eksternal akan diaktifkan. Anda akan mendengar suara melalui kedua speaker tersebut.

Bila Pilihan Speaker diatur ke Speaker Eksternal , tombol volume dan MUTE tidak akan berfungsi dan pengaturan suara akan dibatasi.

Jika tidak ada sinyal video, kedua speaker tidak akan mengeluarkan suara.

Modus Suara

t

■ Standar : Memilih modus suara normal.

■ Musik : Lebih menekankan musik dibandingkan suara.

■ Film : Menghasilkan suara terbaik untuk film.

■ Suara Jelas : Lebih menekankan suara dibandingkan bunyi lainnya.

Ekualiser

(hanya modus suara standar)

■ Keseimb.

kiri.

: Menyesuaikan keseimbangan antara speaker kanan dan

■ 100Hz/300Hz/1kHz/3kHz/10kHz (Penyesuaian Bandwidth)

Menyesuaikan tingkat frekuensi bandwidth tertentu.

:

■ Atur Ulang : Mengatur ulang Ekualiser ke pengaturan default.

Sound Reset

■ Atur Ulang Semua default pabrik.

: Mengatur ulang semua pengaturan suara ke

Memilih Modus Suara

t

Bila diatur ke Dual I-Dual II , modus suara aktif akan ditampilkan di layar.

A2 Stereo

NICAM

Stereo

Jenis Audio

Mono

Stereo

Ganda

Mono

Stereo

Ganda

Dual I-II

Mono

Stereo ↔ Mono

Dual I ↔ Dual II

Mono

Mono ↔ Stereo

Mono ↔ Dual I

 Dual II 

Default

Berubah otomatis

Dual I

Berubah otomatis

Dual I

Jika sinyal stereo lemah dan peralihan otomatis terjadi, maka alihkan ke mono.

Hanya diaktifkan pada sinyal suara stereo.

Fungsi ini tersedia untuk semua sumber input.

- 7 -

Antena VHF/UHF atau

Kabel

- 8 -

USB y Panel belakang mungkin berbeda, tergantung pada model.

Panel Belakang TV

Input Daya

2014-05-23 2:03:58

Menu Konfigurasi

Bahasa

Tetapkan bahasa menu.

Tekan tombol ◄ atau ► untuk memilih bahasa menu. (Berdasarkan wilayah yang berbeda, beberapa negara hanya memiliki satu bahasa.)

Waktu

Waktu saat ini akan ditampilkan setiap kali Anda menekan tombol INFO .

■ Pengaturan Jam : Menetapkan Tahun , Bulan , Hari , Jam , Menit .

■ Timer Aktif/Timer Nonaktif

Waktu saat ini harus diatur terlebih dulu dengan Pengaturan Jam .

Ulang : Menetapkan agar timer diulang Sekali , Setiap hari , Sen~Jum ,

Sen~Sab , Sbt~Mggu , Mggu .

Pilih Mati untuk menonaktifkan Ulang .

Jam / Menit : Memasukkan jam dan menit untuk menghidupkan atau mematikan TV.

Konten : Memilih TV.

Saluran : Memilih saluran yang akan diputar bila TV dihidupkan secara otomatis.

Volume : Memilih tingkat volume suara bila TV dihidupkan secara otomatis.

■ Timer Tidur t

Mematikan TV secara otomatis setelah jangka waktu yang ditentukan.

( Mati , 30 mnt , 60 mnt , 90 mnt , 120 mnt , 150 mnt , dan 180 mnt )

Untuk membatalkan Timer Tidur , pilih Mati .

Melodi

Atur agar melodi diputar saat TV Mati , Rendah , Sedang , dan Tinggi .

Melodi tidak diputar.

− Bila tidak ada suara yang dihasilkan dari TV karena volume

− Bila TV dimatikan dengan fungsi Timer Tidur .

P VOL – .

Menu Dukungan

Menggunakan Media Play

Nikmati file foto, musik, dan/atau film yang tersimpan di perangkat USB Mass Storage Class (MSC).

Menyambung Perangkat USB

MEDIA.P

1. Hidupkan TV.

2. Sambungkan perangkat USB yang berisi file foto, musik, dan/atau film ke soket USB di bagian samping TV.

3. Bila USB telah tersambung ke TV, Anda dapat memilih Media Play .

Jumlah maksimum partisi yang ditampilkan adalah 4.

Menggunakan Menu Media Play

1. Tekan tombol MENU . Tekan tombol ▲ atau ▼ untuk memilih

Dukungan , lalu tekan tombol ENTER E .

2. Tekan tombol ▲ atau ▼ untuk memilih Media Play (USB) , lalu tekan tombol ENTER E .

3. Tekan tombol ◄ atau ► untuk memilih ikon ( Video , Musik , Foto ), lalu tekan tombol ENTER E .

Fungsi ini mungkin tidak berfungsi baik dengan file multimedia yang tidak berlisensi.

Jika Anda ingin melihat informasi rinci tentang file yang diputar, tekan tombol

TOOLS di daftar file, lalu pilih Informasi .

Daftar Yang Perlu Diketahui sebelum menggunakan Media Play (USB)

• Sistem file yang didukung adalah FAT dan NTFS.

• Jenis kamera Digital dan perangkat audio USB tertentu mungkin tidak kompatibel dengan TV ini.

• Media Play hanya mendukung perangkat USB Mass Storage Class (MSC).

MSC adalah perangkat Transportasi Kelas Penyimpanan Massal Hanya-

Jumlah Besar. Contoh MSC adalah Thumb drive dan Flash Card Reader.

Perangkat harus tersambung langsung ke port USB pada TV. (HDD USB tidak didukung.) Tidak mendukung perangkat pintar yang tersambung dalam protokol MTP atau PTP

• Sebelum menyambungkan perangkat ke TV, cadangkan file untuk mencegah kerusakan atau kehilangan data. SAMSUNG tidak bertanggung jawab atas kerusakan file data atau hilangnya data apa pun.

• Perangkat USB yang memerlukan daya tinggi (lebih dari 0,5A) mungkin tidak didukung.

• Jangan lepas perangkat USB saat memuat data.

• Semakin tinggi resolusi gambar, maka akan semakin lama gambar ditampilkan di layar.

• Resolusi JPEG maksimum yang didukung adalah 15360 x 8640 piksel.

• Jika file rusak atau TV tidak mendukung jenis file tersebut, pesan "Format File yang Tak Didukung." akan ditampilkan.

• Jika kabel ekstensi USB digunakan, maka perangkat USB mungkin tidak dikenali atau file pada perangkat mungkin tidak terbaca.

• TV tidak dapat memutar file MP3 dengan DRM yang telah di-download dari situs berbayar. DRM (Manajemen Hak Digital) adalah teknologi yang mendukung pembuatan, distribusi, dan manajemen konten digital secara terpadu dan komprehensif, termasuk perlindungan hak dan kepentingan penyedia konten, pencegahan penyalinan konten secara ilegal, serta pengelolaan penagihan dan pelunasan.

• Perangkat PTP tidak didukung.

• Jika pesan peringatan tentang daya berlebih ditampilkan saat Anda menyambungkan atau menggunakan perangkat USB, maka perangkat tersebut mungkin tidak dikenali atau dapat mengalami kegagalan fungsi.

• Modus hemat daya pada hard disk drive eksternal tertentu mungkin dibatalkan secara otomatis bila tersambung ke TV.

• Jika perangkat USB yang tersambung ke TV tidak dikenali, daftar file pada perangkat rusak, atau file dalam daftar tidak diputar, sambungkan perangkat

USB ke PC, format perangkat, lalu periksa sambungannya.

• Jika file yang dihapus dari PC masih ditemukan saat Media Play dijalankan, gunakan fungsi "Empty the Recycle Bin" di PC untuk menghapus file tersebut secara permanen.

• Foto hanya mendukung format jpeg sekuensial.

• Fungsi gambar kecil dan pencarian adegan tidak didukung dalam Video .

• Jika jumlah file dan folder yang tersimpan pada perangkat penyimpanan USB kira-kira lebih dari 4.000, maka file dan folder mungkin tidak ditampilkan dan beberapa folder mungkin tidak dapat dibuka.

• Jumlah maksimum file yang ditampilkan, termasuk sub folder, dalam satu folder pada perangkat penyimpanan USB adalah 2000.

• Pemutaran media mungkin tidak lancar bila menggunakan perangkat yang lebih baru dari USB 2.0.

Jumlah maksimum partisi yang ditampilkan adalah 4.

• Nama file hanya berfungsi dalam bahasa menu yang didukung. Bahasa lainnya tidak akan ditampilkan dengan benar.

■ Video

1. Tekan tombol ◄ atau ► untuk memilih Video , lalu tekan tombol

ENTER E dalam menu Media Play .

2. Tekan tombol ◄/►/▲/▼ untuk memilih video yang diinginkan dalam daftar file.

3. Tekan tombol ENTER E atau tombol (Putar).

-

File yang dipilih beserta waktu pemutarannya akan ditampilkan di bagian atas.

-

Jika informasi waktu video tidak diketahui, waktu pemutaran dan baris progres tidak akan ditampilkan.

-

Selama pemutaran video berlangsung, Anda dapat melakukan pencarian menggunakan tombol ◄ dan ► .

-

Anda dapat menggunakan tombol ( berlangsung.

) (REW) dan ( ) (FF) selama pemutaran

Dalam modus ini, Anda dapat memutar klip film yang terdapat pada permainan, namun permainan tersebut tidak dapat dijalankan.

y Format Teks Layar yang Didukung

-

Eksternal

Nama

MPEG-4 timed text

SAMI

SubRip

SubViewer

Micro DVD

SubStation Alpha

Advanced Substation Alpha

-

Internal

Nama

Xsub

SubStation Alpha

Advanced Substation Alpha

SubRip

MPEG-4 Timed text

Kontainer

AVI

MKV

MKV

MKV

MP4 y Format Video yang Didukung

Ekstensi File

*.mp4

*.avi

*.mkv

*.asf

*.wmv

*.ts

*.trp

*.tp

*.dat

*.mpg

*.mpeg

*.vob

*.3gp

*.flv

Kontainer

MP4

AVI

MKV

ASF

TS

PS

3GPP format flash

Codec Video

DivX 3.11/4.12/5.x/6.0

H.264

VC-1

MJPEG

DivX 3.11/4.12/5.x/6.0

MPEG 1/2/4

H.264

MJPEG

DivX 3.11/4.12/5.x/6.0

MPEG 1/2/4

H.264

MPEG2-TS

H.264

MPEG1

MPEG2

H.264

MPEG 1/2/4

H.264

H.264

Sorenson H.263

Ekstensi file

.ttxt

.smi

.srt

.sub

.sub atau .txt

.ssa

.ass

Format

Format Gambar

Format Teks

Format Teks

Format Teks

Format Teks

Resolusi

1920x1080

1920x1080

1920x1080

640x480

1920x1080

1920x1080

1920x1080

640x480

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

1920x1080

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

Kecepatan bingkai (fps)

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

6~30

Kecepatan bit

(Mbps)

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

10 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

10 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

Kodek Audio

MP3/ADPCM/

AAC

MP3/AC3/

LPCM/ADPCM/

DTS

MP3/AC3/

LPCM/ADPCM/

WMA/WMA Pro

AC3/AAC/MP3/

DD+

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

AC3/MPEG/

LPCM/AAC

MP3

MP3

Batasan Lainnya

y Konten video tidak akan diputar atau tidak akan diputar dengan benar jika terjadi kesalahan dalam konten atau kemasan.

y Suara atau video mungkin tidak akan berfungsi jika konten memiliki kecepatan bit/bingkai standar di atas nilai Bingkai/dtk yang kompatibel dan tercantum dalam tabel di atas.

y Jika Index Table mengalami kesalahan, fungsi Seek (Jump) tidak akan didukung.

y Mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk menampilkan menu jika kecepatan bit video melampaui 10 Mbps.

y Konten video tidak dapat diputar jika terdapat banyak konten dalam satu file.

Dekoder Video

Mendukung hingga H.264, Tingkat 4.1

H.264 FMO/ASO/RS, VC1 SP/MP/AP L4, dan AVCHD tidak didukung.

MPEG4 SP, ASP:

– Di bawah 1280 x 720 : 60 bingkai maks.

– Di atas 1280 x 720 : 30 bingkai maks.

H.263 tidak didukung.

GMC tidak didukung.

Dekoder Audio

Mendukung hingga WMA7, 8, 9 STD, 9 PRO, 10 PRO

WMA 9 PRO dan WMA 10 PRO mendukung saluran 5.1. (Modus LBR pada WMA

Pro tidak didukung)

WMA Lossless tidak didukung.

Musik

1. Tekan tombol ◄ atau ► untuk memilih Musik , lalu tekan tombol

ENTER E dalam menu Media Play .

2. Tekan tombol ◄/►/▲/▼ untuk memilih Musik yang diinginkan dalam daftar file.

3. Tekan tombol ENTER E atau tombol (Putar).

Selama pemutaran musik berlangsung, Anda dapat melakukan pencarian menggunakan tombol ◄ dan ► .

Tombol (REW) dan (FF) tidak akan berfungsi selama pemutaran berlangsung.

Hanya menampilkan file dengan ekstensi file MP3. Ekstensi file lainnya tidak ditampilkan, meskipun tersimpan di perangkat USB yang sama.

Jika ingin mengubah Ekualiser saat memutar MP3, keluar dari Media Play , lalu sesuaikan Ekualiser dalam menu Suara . (File MP3 dengan modulasi berlebihan dapat mengakibatkan masalah suara.)

■ Foto

1. Tekan tombol ◄ atau ► untuk memilih Foto , lalu tekan tombol

ENTER E dalam menu Media Play .

2. Tekan tombol ◄/►/▲/▼ untuk memilih foto yang diinginkan dalam daftar file.

3. Tekan tombol ENTER E atau tombol (Putar).

CATATAN x

Sewaktu daftar foto ditampilkan, tekan tombol (Putar)/ ENTER E pada remote control untuk memulai tampilan slide.

x

Semua file di bagian daftar file akan ditampilkan dalam tampilan slide.

x

Selama tampilan slide berlangsung, file akan ditampilkan secara berurutan.

x

Selama tampilan slide berlangsung, Anda dapat mengatur kecepatan tampilan slide menggunakan tombol ( ) (REW) atau ( ) (FF).

x

Anda dapat beralih ke file lain menggunakan tombol ◄ atau ► .

y Format Foto yang Didukung

Gambar

JPEG

Foto

Garis dasar

Progresif

Resolusi

15360 x 8704

1024 x 768

Batasan Lainnya

JPEG dengan ruang warna CMYK dan YCCK tidak didukung.

■ Memutar Beberapa File

Memutar file video/musik/foto yang dipilih

1. Tekan tombol berwarna Kuning dalam daftar file untuk memilih file yang diinginkan.

2. Ulangi langkah di atas untuk memilih beberapa file.

CATATAN x

Tanda c akan ditampilkan di sebelah kiri file yang dipilih.

x

Untuk membatalkan pilihan, tekan kembali tombol berwarna Kuning. x

Untuk membatalkan semua file yang dipilih, tekan tombol

Pilih Semua .

TOOLS , lalu pilih Batalkan

■ Memutar kelompok file video/musik/foto

Sewaktu daftar file ditampilkan, alihkan ke file apa pun dalam kelompok yang diinginkan.

■ Media Play - Fungsi Tambahan

Menu Video / Musik / Foto Putar Opsi

Saat memutar file, tekan tombol TOOLS .

Kategori Operasi

Judul

Modus Ulang

Anda dapat langsung beralih ke file lain.

Anda dapat memutar file film dan musik berulang kali.

Ukuran

Gambar

Anda dapat mengubah ukuran gambar sesuai keinginan.

Modus Gambar Anda dapat menyesuaikan pengaturan gambar.

Modus Suara

Pengaturan

Teks

Bahasa Audio

Anda dapat menyesuaikan pengaturan suara.

Anda dapat memutar video dengan Teks Layar.

Fungsi ini hanya dapat digunakan jika teks layar memiliki nama file yang sama seperti nama videonya.

Anda dapat mengubah bahasa audio jika video memiliki lebih dari satu bahasa.

Hentikan

Tampilan Slide /

Mulai Tampilan

Slide

Kcptn Tampilan

Slide

Zoom

Putar posisi

Informasi

Anda dapat memulai atau menghentikan Tampilan

Slide.

Anda dapat memilih kecepatan tampilan slide selama tampilan slide berlangsung.

Anda dapat memperbesar tampilan gambar dalam modus layar penuh.

Anda dapat memutar gambar dalam modus layar penuh.

Anda dapat melihat informasi rinci tentang file yang diputar.

Video Musik Foto c c c c c c c c c c c c c c c c c

Modus Screen&Sound Capture

Mode ini memberikan cara untuk mengambil gambar dan audio.

Tekan , lalu mode Screen&Sound Capture akan diaktifkan, atau tekan tombol MENU , masuk ke Menu Dukungan, lalu pilih Screen&Sound

Capture . Tekan lagi dan mode Screen&Sound Capture akan dinonaktifkan.

Sebelum mengaktifkan mode Screen&Sound Capture , perangkat USB harus disambungkan terlebih dulu.

Mode Media Play tidak tersedia.

Penangkapan Layar

Setelah mengaktifkan mode Screen&Sound Capture , tekan untuk mengambil layar saat ini.

Item akan disimpan dalam folder Foto di Media Play .

Minimal setelah 15 detik, pengambilan gambar berikutnya dapat dilakukan kembali.

Perekaman Suara

Setelah mengaktifkan mode Screen&Sound Capture , tekan untuk merekam suara saat ini, lalu tekan lagi untuk menghentikan rekaman.

Item akan disimpan dalam folder Musik di Media Play .

Jika Anda menekan tombol apa pun, Perekaman Audio akan dihentikan.

Lihat Konten

Tekan untuk membuka Media Play .

Tekan tombol ◄ atau ► agar dapat memilih Musik untuk item perekaman, atau Foto untuk item pengambilan.

Screen&Sound Capture hanya untuk penggunaan pribadi, bukan untuk tujuan komersial dan/atau komunikasi kepada publik.

Pengguna tidak boleh menggunakan fitur ini untuk tujuan komersial tanpa izin sebelumnya dari pemilik hak cipta dan/atau menggunakannya dengan cara yang melanggar undang-undang.

Samsung tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan apa pun pada layanan.

Menggunakan mode Screen&Sound

Capture

Upgrade Perangkat lunak

Upgrade Perangkat lunak dapat dilakukan dengan men-download firmware terbaru dari "www.samsung.com" ke perangkat memori USB.

DivX® Video On Demand

Menampilkan kode pendaftaran resmi untuk TV. Jika Anda tersambung ke situs web DivX dan mendaftarkan kode pendaftaran 10 digit, maka Anda dapat mengunduh file aktivasi VOD. Setelah file diputar menggunakan

Media Play , pendaftaran selesai.

Untuk informasi lebih lanjut tentang DivX® VOD, kunjungi http://vod.divx.com.

Menggunakan Modus Sepak Bola

Modus Sepak Bola

t

Modus ini menyediakan kondisi yang optimal untuk menonton pertandingan olahraga.

Zoom : Menjeda pemutaran dan membagi gambar menjadi 9 bagian.

Pilih salah satu bagian untuk memperbesar tampilannya. Tekan kembali tombol ini untuk melanjutkan.

Bila Modus Sepak Bola Hidup , modus gambar dan suara akan ditetapkan ke

Stadion secara otomatis.

Jika Anda mematikan TV saat menonton dalam modus Modus Sepak Bola ,

Modus Sepak Bola akan dinonaktifkan.

Nama modus dapat beragam, tergantung pada negara. Cricket Mode , Modus

Sepak Bola , Mds Olahraga .

Panduan Sambungan HD

Anda dapat membaca panduan penyambungan perangkat eksternal untuk sumber HD.

Hubungi Samsung

Lihat informasi ini bila TV tidak berfungsi dengan benar atau bila Anda ingin meng-upgrade perangkat lunak. Anda dapat mencari informasi yang terkait pusat layanan kami, serta cara men-download produk dan perangkat lunak.

Informasi Lainnya

Memasang TV ke Dinding

Memasang Penyangga di Dinding

Kit pemasangan di dinding (dijual terpisah) memungkinkan Anda memasang TV di dinding. Untuk informasi rinci tentang cara memasang penyangga di dinding, lihat petunjuk yang diberikan dengan penyangga di dinding. Hubungi teknisi untuk bantuan saat memasang braket penyangga di dinding.

Samsung Electronics tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun pada produk atau cedera pada diri Anda maupun orang lain jika Anda memilih untuk memasang TV sendiri.

Spesifikasi Kit Pemasangan di Dinding (VESA)

Kit penyangga di dinding tidak diberikan, namun dijual secara terpisah.

Pasang kit dinding pada dinding yang kuat dan tegak lurus dengan lantai. Bila memasang pada bahan bangunan lainnya, hubungi dealer terdekat Anda. Jika dipasang di langit-langit atau dinding yang miring, TV dapat terjatuh dan mengakibatkan cedera parah.

CATATAN

• Dimensi standar untuk kit pemasangan di dinding ditampilkan dalam tabel di bawah ini.

• Bila membeli kit pemasangan di dinding kami, panduan pemasangan rinci dan semua komponen yang diperlukan untuk perakitan akan disediakan.

• Jangan gunakan sekrup yang tidak sesuai dengan spesifikasi sekrup standar

VESA.

• Jangan gunakan sekrup yang lebih panjang dari dimensi standar karena dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam unit TV.

• Untuk kit dinding yang tidak memenuhi spesifikasi sekrup standar VESA, panjang sekrup mungkin akan berbeda, tergantung pada spesifikasi kit dinding.

• Jangan kencangkan sekrup terlalu kuat. Tindakan ini dapat merusak produk atau menyebabkan produk terjatuh dan mengakibatkan cedera. Samsung tidak bertanggung jawab atas kecelakaan seperti ini.

• Samsung tidak bertanggung jawab atas kerusakan pada produk atau cedera bila kit dinding yang digunakan adalah selain VESA maupun yang ditentukan, atau konsumen tidak mengikuti petunjuk pemasangan produk.

• Jangan pasang TV pada kemiringan lebih dari 15 derajat.

• Diperlukan dua orang untuk memasang TV di dinding.

Kelompok

Produk

TV LED

Model

UA40H4200

UA48H4200

Spesifikasi lubang sekrup

VESA

(A * B) dalam milimeter

200 X 200

Sekrup

Standar

M8

Jumlah

Jangan pasang Kit

Pemasangan di Dinding sewaktu TV dihidupkan.

Tindakan tersebut dapat mengakibatkan cedera fisik karena sengatan listrik.

4

Perhatian : Menarik, mendorong, atau memanjat TV dapat menyebabkan TV terjatuh. Terutama pastikan anak-anak tidak bersandar atau menggoyang TV. Hal ini dapat menyebabkan TV terbalik, sehingga mengakibatkan cedera parah atau kematian.

Ikuti semua petunjuk keselamatan yang diberikan pada Pamflet

Keselamatan yang disertakan. Untuk menambah kestabilan, pasang perangkat antijatuh untuk tujuan keamanan sebagai berikut.

Untuk mencegah TV terjatuh

Klem, sekrup, dan tali yang diperlukan tidak disediakan, namun dijual secara terpisah.

1. Letakkan sekrup ke klem dan kencangkan sekrup ke dinding dengan kuat. Pastikan sekrup telah terpasang dengan kuat ke dinding.

Anda mungkin memerlukan materi tambahan seperti pengait, tergantung pada jenis dinding.

Klem, sekrup, dan tali yang diperlukan tidak disediakan, namun dijual secara terpisah.

2. Lepaskan sekrup dari bagian Tengah belakang TV, letakkan sekrup ke klem, lalu kencangkan sekrup kembali ke TV.

Sekrup mungkin tidak diberikan bersama produk. Dalam kasus ini, beli sekrup yang sesuai dengan spesifikasi berikut.

3. Sambungkan klem yang terpasang di TV dan klem yang terpasang di dinding dengan kabel yang kuat, lalu ikat tali dengan kencang.

Catatan x

Pasang TV di dekat dinding agar tidak terjatuh ke belakang.

x

Agar lebih aman, sambungkan tali dengan posisi klem yang terpasang di dinding sejajar atau lebih rendah dari klem yang terpasang di TV.

x

Lepas tali sebelum memindahkan TV.

4. Pastikan semua sambungan telah terpasang dengan benar. Secara berkala, periksa sambungan apakah terdapat tanda keausan yang memicu kegagalan fungsi. Jika Anda memiliki keraguan tentang keamanan sambungan, hubungi teknisi ahli.

Kunci Kensington

Kunci Kensington tidak diberikan oleh Samsung. Ini adalah perangkat yang digunakan untuk mengencangkan sistem secara fisik bila digunakan di tempat umum. Lihat panduan yang diberikan dengan Kunci

Kensington untuk informasi tambahan tentang penggunaan yang benar.

Cari ikon " K " di bagian belakang TV. Slot Kensington terdapat di sebelah ikon

" K ".

Posisi dan warna mungkin berbeda, tergantung pada model.

Untuk mengunci produk, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Lingkarkan kabel kunci Kensington di sekitar benda besar dan tetap, misalnya meja atau kursi.

2. Dorong ujung kabel dengan kunci yang terpasang melalui ujung melingkar kabel kunci Kensington.

3. Sisipkan perangkat pengunci ke dalam slot Kensington pada produk.

4. Pasang kunci.

Ini adalah petunjuk umum. Untuk petunjuk selengkapnya, lihat Panduan pengguna yang disertakan dengan perangkat pengunci.

Perangkat pengunci harus dibeli secara terpisah.

Lokasi slot Kensington mungkin berbeda, tergantung pada model TV.

- 9 -

Mengatasi Masalah

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang TV, lihat daftar ini terlebih dulu. Jika tidak ada tips yang sesuai untuk mengatasi masalah, kunjungi "www.

samsung.com", lalu klik Support, atau hubungi pusat layanan yang tercantum pada sampul belakang panduan ini.

Kemungkinan Solusi Masalah

Kualitas Gambar

Gambar tidak sebaik yang terlihat di toko.

Gambar terdistorsi: kesalahan macroblock, blok kecil, titik, piksel

Warna salah atau hilang.

y Jika Anda memiliki cable/set-top box analog, upgrade ke set top box digital. Gunakan kabel HDMI atau Komponen untuk menghasilkan kualitas gambar HD (definisi tinggi).

y Sambungan antena: Coba stasiun HD setelah melakukan Pencarian otomatis.

Berbagai saluran HD dimuat dari konten SD (Standard Definition).

y Atur resolusi output video Cable/Set-top box ke 1080i atau 720p.

y Pastikan Anda menonton TV pada jarak minimum yang disarankan berdasarkan ukuran dan definisi sinyal.

y Kompresi konten video dapat menyebabkan distorsi gambar terutama dalam gambar bergerak cepat seperti olahraga dan film aksi.

y Tingkat sinyal rendah atau berkualitas buruk dapat menyebabkan distorsi gambar. Ini bukan masalah pada TV.

y Ponsel yang digunakan di dekat TV (cca hingga 1m) dapat menyebabkan noise dalam gambar pada TV digital dan analog.

y Jika Anda menggunakan sambungan komponen, pastikan kabel komponen telah tersambung ke soket yang benar.

Sambungan salah atau longgar dapat menyebabkan masalah warna atau layar kosong.

Muncul warna atau kecerahan yang buruk.

Terdapat garis putus-putus di tepi layar.

y Sesuaikan pilihan Gambar dalam menu TV. (buka Modus Gambar / Warna / Kecerahan / Ketajaman ) y Coba atur ulang gambar untuk melihat pengaturan gambar default. (buka MENU - Gambar - Pengaturan Ulang Gambar ) y Jika ukuran gambar diatur ke Sesuai Layar , ubah menjadi 16:9 .

y Ubah resolusi cable box/satelit.

Gambar hitam putih.

Sewaktu mengganti saluran, gambar berhenti atau mengalami distorsi atau tertunda.

y Jika Anda menggunakan input komposit AV, sambungkan kabel video (kuning) ke soket input komponen 1 Hijau di TV.

y Jika tersambung dengan cable box, coba atur ulang cable box. Sambungkan kembali kabel AC, lalu tunggu hingga cable box menjalankan booting ulang. Proses ini mungkin berlangsung hingga 20 menit.

y Tetapkan resolusi output cable box ke 1080i atau 720p.

Kualitas Suara

Suara tidak terdengar atau terlalu kecil pada volume maksimum.

y Periksa volume perangkat eksternal yang terhubung ke TV Anda.

Gambar bagus, namun tidak ada suara.

Speaker mengeluarkan suara yang tidak wajar.

Tidak Ada Gambar, Tidak Ada Video

TV tidak dapat dihidupkan.

y Atur pilihan Pilihan Speaker ke Speaker TV dalam menu suara.

y Jika Anda menggunakan perangkat eksternal, pastikan kabel audio telah tersambung ke soket input audio yang benar pada TV.

y Jika Anda menggunakan perangkat eksternal, periksa pilihan output audio perangkat (misalnya, Anda mungkin perlu mengubah pilihan audio cable box ke HDMI bila HDMI tersambung ke TV).

y Jika Anda menggunakan kabel HDMI, diperlukan kabel audio terpisah.

y Jika TV Anda memiliki jack headphone, pastikan tidak ada konektor yang tersambung ke jack.

y Periksa sambungan kabel. Pastikan kabel video tidak tersambung ke input audio.

y Untuk sambungan antena atau kabel, periksa kekuatan sinyal. Tingkat sinyal rendah dapat menyebabkan distorsi suara.

TV mati secara otomatis.

Tidak ada foto/video.

y Pastikan kabel daya AC telah tersambung dengan benar ke stopkontak dinding dan TV.

y Pastikan stopkontak berfungsi.

y Coba tekan tombol POWER pada TV untuk memastikan masalahnya bukan pada remote. Jika TV hidup, lihat “Remote control tidak berfungsi” di bawah ini.

y Pastikan Timer Tidur diatur ke Mati dalam menu Waktu . y Jika PC tersambung ke TV, periksa pengaturan daya PC.

y Pastikan kabel daya AC telah tersambung dengan benar ke stopkontak dinding dan TV.

y Bila menonton TV dari sambungan antena atau kabel, TV akan mati setelah 10 ~ 15 menit jika tidak ada sinyal.

y Periksa sambungan kabel (lepas dan sambungkan kembali semua kabel yang tersambung ke TV dan perangkat eksternal).

y Atur output video perangkat eksternal (Cable/Set-top Box, DVD, Blu-ray, dsb.) sesuai dengan sambungan ke input TV.

Misalnya, jika output perangkat eksternal adalah HDMI, sambungan harus dibuat ke input HDMI di TV.

y Pastikan perangkat yang tersambung telah dihidupkan.

y Pastikan untuk memilih sumber TV yang benar dengan menekan tombol SOURCE pada remote TV.

- 10 -

Masalah

Sambungan RF (Kabel/Antena)

TV tidak menangkap semua saluran.

Kemungkinan Solusi

Gambar terdistorsi: kesalahan macroblock, blok kecil, titik, piksel y Pastikan kabel Antena telah tersambung dengan benar.

y Coba Konfigurasi (Plug & Play) untuk menambahkan saluran yang tersedia ke daftar saluran. Buka MENU - Sistem -

Konfigurasi (Plug & Play), lalu tunggu hingga semua saluran yang tersedia disimpan.

y Pastikan Antena telah dipasang dengan benar.

y Kompresi konten video dapat menyebabkan distorsi gambar terutama dalam gambar bergerak cepat seperti olahraga dan film aksi.

y Sinyal rendah dapat menyebabkan distorsi gambar. Ini bukan masalah pada TV.

Sambungan PC

Pesan " Modus Tidak Didukung " ditampilkan.

Video dapat diputar, namun tanpa suara.

Lainnya

Gambar tidak akan ditampilkan dalam layar penuh.

Remote control tidak berfungsi.

y Atur resolusi output PC agar sesuai dengan resolusi yang didukung TV. y Jika Anda menggunakan sambungan HDMI, periksa pengaturan output audio pada PC.

y Saluran HD akan memiliki garis hitam di kedua sisi layar saat menampilkan konten SD berskala (4:3).

y Garis hitam di bagian atas dan bawah akan muncul selama pemutaran film yang memiliki rasio aspek berbeda dengan TV berlangsung.

y Sesuaikan pilihan ukuran gambar pada perangkat eksternal atau TV ke layar penuh.

y Pasang kembali baterai remote control dengan kutub (+/–) berada di arah yang benar.

y Bersihkan jendela transmisi yang terdapat di bagian atas remote control.

y Coba arahkan remote secara langsung ke TV dari jarak 5~6 kaki.

y Coba program remote control Cable/Set top box untuk mengoperasikan TV. Lihat panduan pengguna Cable/Set top box untuk kode TV SAMSUNG.

Remote control cable/set-top box tidak menghidupkan atau mematikan TV, atau pun menyesuaikan volume suara.

Pesan " Modus Tidak Didukung " ditampilkan.

Muncul bau plastik dari TV.

TV dimiringkan ke sisi kanan atau kiri.

Sulit memasang dasar dudukan.

Menu Siaran tidak aktif (tidak tersedia).

Pengaturan akan hilang dalam waktu 5 menit atau setiap kali TV dimatikan.

Anda mengalami kehilangan audio atau video secara berselang.

Anda melihat partikel kecil sewaktu memperhatikan bagian tepi bingkai TV.

Muncul masalah gambar/suara yang berulang.

Reaksi dapat terjadi antara bantalan karet pada dudukan dasar dan lapisan atas furnitur tertentu.

y Periksa resolusi yang didukung pada TV, lalu sesuaikan resolusi output perangkat eksternal. Lihat pengaturan resolusi dalam y y panduan ini.

Bau ini normal dan akan menghilang seiring dengan waktu.

Lepas dasar dudukan dari TV, lalu pasang kembali.

y Pastikan TV telah diletakkan pada permukaan yang rata. Sebaiknya gunakan obeng berdaya magnet jika Anda tidak dapat melepaskan sekrup dari TV.

y Menu Siaran hanya tersedia bila sumber TV dipilih. y Jika berada dalam modus Demo Toko , TV akan mengatur ulang pengaturan audio dan gambar setiap 5 menit. Jika diinginkan, ubah pengaturan dari modus Demo Toko ke Rumah . y Periksa sambungan kabel, lalu sambungkan kembali.

y Hilangnya audio atau video dapat disebabkan oleh kabel yang terlalu kaku atau tebal. Pastikan kabel sudah cukup fleksibel untuk digunakan dalam jangka panjang. Jika memasang TV di dinding, sebaiknya gunakan kabel yang dilengkapi konektor dengan sudut 90 derajat.

y Partikel ini adalah bagian dari rancangan produk, bukan cacat.

y y

Periksa dan ubah sinyal/sumber.

Untuk mencegahnya, gunakan bantalan perasa pada setiap permukaan TV yang bersentuhan langsung dengan furnitur.

Panel LED TFT ini menggunakan panel yang terdiri atas subpiksel dan memerlukan teknologi canggih untuk memproduksinya. Namun, mungkin terdapat beberapa piksel terang atau gelap di layar. Piksel tersebut tidak akan berdampak pada performa produk.

Anda dapat mempertahankan kondisi TV yang optimal dengan meng-upgrade ke firmware terbaru di situs web (www.samsung.com → Support) melalui USB.

- 11 -

Penyimpanan dan Pemeliharaan

Jika Anda melepas stiker yang melekat di layar TV, bersihkan sisa perekat untuk dapat menikmati menonton TV.

Jangan semprotkan air secara langsung ke produk. Cairan yang masuk ke dalam produk dapat menyebabkan kegagalan fungsi, kebakaran, atau sengatan listrik.

Bersihkan produk dengan kain lembut yang dilembabkan dengan sedikit air.

Jangan gunakan cairan yang mudah terbakar (misalnya, bensin, tiner) atau zat pembersih.

Mengamankan Ruang Pemasangan

Jaga jarak yang diperlukan antara produk dan benda lain (misalnya, dinding) untuk memastikan ventilasi yang baik.

Kelalaian untuk melakukannya dapat menyebabkan kebakaran atau masalah pada produk karena meningkatnya suhu internal produk.

Bila menggunakan dudukan atau penyangga di dinding, gunakan hanya komponen yang disediakan oleh Samsung Electronics.

x

Jika Anda menggunakan komponen yang disediakan oleh produsen lain, produk mungkin akan mengalami masalah dan menyebabkan cedera jika terjatuh.

Tampilan mungkin berbeda, tergantung pada produk.

Hati-hati saat Anda menyentuh TV karena komponen tertentu dapat menjadi panas.

Pemasangan dengan dudukan.

Pemasangan dengan kit dinding.

10 cm 10 cm

10 cm 10 cm 10 cm 10 cm

10 cm

Lisensi

DivX Certified® to play DivX® video up to HD 1080p, including premium content.

ABOUT DIVX VIDEO: DivX® is a digital video format created by DivX, LLC, a subsidiary of Rovi Corporation. This is an official DivX Certified® device that has passed rigorous testing to verify that it plays DivX video. Visit divx.com for more information and software tools to convert your files into DivX videos.

ABOUT DIVX VIDEO-ON-DEMAND: This DivX Certified® device must be registered in order to play purchased DivX Video-on-Demand (VOD) movies. To obtain your registration code, locate the DivX VOD section in your device setup menu. Go to vod.divx.com for more information on how to complete your registration.

DivX®, DivX Certified® and associated logos are trademarks of Rovi Corporation or its subsidiaries and are used under license.

Covered by one or more of the following U.S. patents: 7,295,673; 7,460,668; 7,515,710; 7,519,274

Diproduksi berdasarkan lisensi dari Dolby Laboratories. Dolby dan simbol dua D adalah merek dagang dari Dolby Laboratories.

Manufactured under a license from U.S. Patent No’s: 5,956,674, 5,974,380, 5,978,762, 6,487,535, 6,226,616, 7,212,872, 7,003,467, 7,272,567,

7,668,723, 7,392,195, 7,930,184, 7,333,929 and 7,548,853. DTS, the Symbol, and DTS and the Symbol together are registered trademarks & DTS

Premium Sound is a trademark of DTS, Inc. ©2012 DTS, Inc. All Rights Reserved.

Manufactured under a license from U.S. Patent No’s: 6,285,767, 8,027,477, 5,319,713, 5,333,201, 5,638,452, 5,771,295, 5,970,152, 5,912,976,

7,200,236, 7,492,907, 8,050,434, 7,720,240, 7,031,474, 7,907,736 and 7,764,802. DTS, the Symbol, and DTS and the Symbol together are registered trademarks & DTS Studio Sound is a trademark of DTS, Inc. ©2012 DTS, Inc. All Rights Reserved.

The terms HDMI and HDMI High-Definition Multimedia Interface, and the HDMI Logo are trademarks or registered trademarks of HDMI Licensing LLC in the United States and other countries.

Open Source License Notice

Open Source used in this product can be found on the following webpage. (http://opensource.samsung.com)

Open Source Licence Notice is written only English.

- 12 -

Spesifikasi

Pertimbangan Lingkungan

Suhu Pengoperasian

Kelembaban Pengoperasian

Suhu Penyimpanan

Kelembaban Penyimpanan

10°C hingga 40°C (10,00°F hingga 40,00°F)

10% hingga 80%, non-kondensasi

-20°C hingga 45°C (-20,00°F hingga 45,00°F)

5% hingga 95%, non-kondensasi

Nama Model

Resolusi Layar

Ukuran Layar

Output

Suara

Dimensi (P x T x L)

Rangka

Dengan dudukan

Berat

Tanpa Dudukan

Dengan dudukan

UA40H4200

101 cm

914.2 X 547.9 X 90.9 mm

914.2 X 586.4 X 196.4 mm

7.0 kg

7.6 kg

1366 X 768

10W X 2

Desain dan spesifikasi dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Untuk informasi selengkapnya tentang daya yang diperlukan dan pemakaian daya, lihat label yang tertera pada produk.

* Pilihan mungkin berbeda, tergantung pada negara.

UA48H4200

121 cm

1083.2 X 637.8 X 90.9 mm

1083.2 X 677.0 X 203.9 mm

9.1 kg

9.9 kg

- 13 - 14- 15 - 16 -

[UH4200-SEA]BN68-06310F-00IND.indb 2 2014-05-23 2:04:04

advertisement

Related manuals

Download PDF

advertisement